Beranda | Artikel
Tatkala Al-Quran Ditinggalkan - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)
Jumat, 8 Mei 2015

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Tatkala Al-Qur’an Ditinggalkan

Di dalam Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat yang ke-30, Allah Ta’ala berfirman:

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُوراً

“Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an itu sesuatu yang mereka tinggalkan”.”

Di dalam ayat yang mulia ini Allah Ta’ala menjelaskan keluhan NabiNya yang mulia ‘alaihis shalatu wa salam tatkala melihat umatnya meninggalkan Al-Qur’an. Dahulu kala tatkala Al-Qur’an dibacakan, maka orang-orang kafir Quraisy berusaha mengangkat suara dan hingar bingar agar orang-orang tidak mendengarkan Al-Qur’an. Maka di antara cara mereka memalingkan manusia dari Al-Qur’an adalah dengan hingar bingar, yaitu menyebutkan berbagai macam ucapan atau ungkapan yang membuat orang tidak bisa mendengarkan Al-Qur’an.

Dan sungguh segala sesuatu yang dapat membuat orang lari dari Al-Qur’an adalah bentuk dari perkara meninggalkan Al-Qur’an.

Kaum muslimin, jika dahulu orang-orang kafir menjauhkan manusia dari Al-Qur’an dengan hingar bingar, maka di zaman ini mereka menjadikan berbagai macam lagu dan nyanyian itu sebagai sarana agar orang-orang meninggalkan Al-Qur’an.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13547-tatkala-al-quran-ditinggalkan-khutbah-jumat-ustadz-abu-fairuz-ahmad-ridwan-ma/